Surat elektronik ( E-MAIL )
Surat elektronik (disingkat ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
Sejarah
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik
sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan
pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat
sudah tidak memakai jasa pos lagi.
Metode pengiriman
Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client.
Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum
sampai di tujuan. Untuk lebih jelasnya lihat diagram dibawah. Contoh
yang dipakai adalah layanan SMTP dan POP3.
Saya menulis surel → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat dibaca si penerima
Terlihat
surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer
pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat
elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak
server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang
kita kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang
kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan
tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain)
Cara membaca surat elektronik
Surat elektronik pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu surat elektronik gratis. Surat elektronik yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.
Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik:
- Dengan cara menggunakan 'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
- Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
Etika penggunaan surat elektronik
Etika
dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada
surat elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin
penting:
- Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya,
- Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
- Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
- Dalam mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:
- dalam menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih jelas juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima,
- dalam mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.
- Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
- Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
Keamanan
Keamanan
data di surat elektronik tidaklah terjamin dan selalu ada risiko
terbuka untuk umum, dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang
lain. Hal ini disebabkan oleh karena surat elektronik itu akan melewati
banyak server sebelum sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap surat elektronik yang dikirimkan tersebut.
Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy).
Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju
dapat mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Kerugiannya
adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus
memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum
penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).
Jenis-jenis email:
· POP EMAIL
POP
singkatan dari Post Office Protocol. Jadi, jalan yang dilalui sebuah
email mirip dengan yang dialami oleh sebuah snail mail, yang mesti
melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke
tujuan. Akan halnya dengan email, sebuah email akan melewati beberapa
komputer yang berperan sebagai router atau email server, sebelum
akhirnya tiba pada email server yang ada pada ISP di mana alamat email
kita terdaftar.
· WEB-BASED EMAIL / EMAIL GRATIS
Web-based
Email, atau email berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk
memberikan jasa email kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi
tidak memiliki account email sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke
email server, tapi ke sebuah web server.
Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, mailexcite.com, astaga.com, dan sebagainya.
· EMAIL FORWARDER
Email
Forwarder adalah sebuah fasilitas yang dulu banyak tersedia secara
gratis, tapi kini sudah banyak yang komersial, dalam arti menuntut kita
untuk membayar sejumlah uang tertentu.
Pengertian email forwarder adalah sebuah cara untuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya.
Orang
menggunakan email forwarder dengan berbagai macam alasan. Mungkin
alamat email yang sebenarnya dirasakan terlalu jelas menunjukkan
identitas seseorang, seperti ISP yang digunakan, atau negara asal
pengirim. Alasan lain boleh jadi adalah bila seseorang ingin anonim
dalam sebuah forum diskusi tertentu, atau mungkin menggunakan sebuah
email forwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain. Ada pula
yang menggunakan email forwarder untuk menghindari kemungkinan menerima
spamming.
Thanks to (source): http://up-ima-9g.blogspot.com/2011/01/e-mail.html
0 komentar:
Posting Komentar